Check Page Rank of your Web site pages instantly:

This page rank checking tool is powered by Page Rank Checker service

tips-tips cerdik meraih sponsor blog

Sabtu, 04 September 2010.
Artikel ini merupakan artikel blogger tamu (guest blogger) dari Herman Yudiono. Jika Anda ingin menjadi guest blogger di Blogguebo.com, silahkan menyimak ketentuannya disini.


Menjual spot iklan banner mandiri merupakan metode paling menguntungkan untuk menghasilkan uang lewat blog. Setidaknya ada dua alasan yang melandasinya. Pertama, pemilik blog mendapatkan uang yang utuh karena tidak dipotong oleh pihak ketiga (broker iklan). Kedua, pemilik blog bisa menyeleksi iklan apa saja yang ditampilkan. Dengan kata lain, pemilik blog bisa menolak iklan yang merugikan dirinya atau pembacanya.

Sayangnya, bagi blog yang belum terkenal, menggaet pemasang iklan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu upaya dan waktu. Saya sendiri merasakan hal itu. Namun, saya tidak menyerah sehingga dalam 3 bulan terakhir saya mencoba beberapa cara untuk menggaet pemasang iklan di blog hiburan yang saya miliki. Hasilnya, saya mendapatkan 6 orang pemasang iklan. Dari jumlah tersebut, empat orang memasang iklan lebih dari dua bulan.


Saya berasumsi bahwa banyak juga blogger lain yang sedang berjuang menggaet pemasang iklan. Oleh karena itu, dalam artikel ini saya berbagi 4 tips praktisnya.

4 Tips Cerdas Menggaet Pemasang Iklan Bagi Blog Anda

1. Miliki Trafik Yang Cukup
Suka atau tidak suka, Anda harus memiliki trafik yang cukup tinggi karena trafik merupakan acuan awal bagi para pemasang iklan untuk menilai blog Anda. Tidak ada aturan baku mengenai berapa jumlah trafik yang harus Anda miliki, namun bila Anda memiliki pengunjung di atas 500 orang perhari, itu merupakan modal awal yang cukup.

2. Buat Halaman Pemasangan Iklan
Jika Anda sudah memiliki trafik yang cukup, buat halaman pemasangan iklan. Hal ini untuk menginformasikan kepada orang lain bahwa Anda menerima pemasangan iklan. Agar efektif, halaman iklan tersebut memuat hal-hal berikut:

• Target pemasang iklan: sebutkan siapa target pemasang iklan yang Anda inginkan. Bila topik blog Anda adalah bisnis online, maka Anda bisa membuat pernyataan pemasangan iklan bagi para pelaku bisnis online, seperti afiliator, penyedia hosting, penjual ebook, pemilik toko online, dan sebagainya.
• Keuntungan bagi pemasang iklan: sebutkan apa saja keuntungan yang bakal diperoleh para sponsor bila beriklan di blog Anda. Sebagai contoh, produk atau jasa mereka akan banyak diketahui orang, produk atau jasa mereka akan efektif karena diihat pengunjung yang tertarget, dan lain-lain.
• Data trafik: sajikan trafik blog Anda, misalnya pengunjung dan
page views satu bulan terakhir. Jangan lupa, gunakan data yang akurat. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan data dari Google Analytics.
• Pilihan Spot Banner: informasikan jumlah, ukuran, dan posisi banner sehingga mudah diketahui oleh calon pemasang iklan. Misalnya, Anda menyediakan spot banner ukuran 125x125 sebanyak 4 buah di
sidebar atas.
• Biaya beriklan: informasikan biaya pemasangan iklan. Jika Anda bingung menentukan harga, amati harga iklan di blog lain, lalu tentukan harga yang Anda inginkan. Sebagai langkah permulaan, pilihlah biaya yang relatif lebih rendah dari blog-blog tersebut.
• Sarana pembayaran: berikan sarana pembayaran yang Anda terima (bisa Paypal dan atau nomor rekening tabungan Anda). Namun, ini bersifat pilihan karena Anda bisa menginformasikannya kemudian.
• Kontak: cantumkan pula alamat untuk menghubungi Anda. Bisa melalui email atau form kontak.

Bila Anda belum punya gambaran mengenai hal-hal di atas, silakan simak halaman pasang iklan Blogguebo dan halaman pasang iklan Blogotainmen.

3. Buat Daftar Calon Pemasang Iklan
Memiliki halaman pemasangan iklan belumlah cukup karena mungkin saja blog Anda tidak diketahui oleh para pemasang iklan. Oleh karena itu, luangkan waktu Anda untuk mencari para calon pemasang iklan. Cara termudahnya adalah dengan melihat para pemasang iklan di blog lain. Pilih para pemasang iklan tersebut yang sesuai dengan topik blog Anda, lalu kunjungi situs atau blognya. Catat alamat dan nama mereka. Idealnya, semakin banyak calon pemasang iklan, semakin bagus bagi Anda. Untuk permulaan, buatlah daftar 20-30 calon pemasang iklan.

4. Hubungi Calon Pemasang Iklan
Prinsip jemput bola berlaku di tahap ini. Dengan kata lain, Anda harus proaktif menghubungi calon pemasang iklan yang sudah Anda catat. Hubungi mereka secara profesional via email atau form kontaknya. Beberapa poin di bawah ini bisa Anda masukkan saat menghubungi mereka:

• Perkenalkan diri Anda
• Informasikan bahwa Anda menghubungi mereka untuk menawarkan pemasangan iklan
• Beri gambaran mengenai topik dan trafik blog Anda.
• Informasikan ukuran, lokasi, dan biaya pemasangan iklan.

Sebagai gambaran mengenai poin-poin tersebut, di bawah ini adalah contoh email yang bisa Anda buat. Mohon diingat, Anda bisa memodifikasinya sesuai keperluan Anda.

-----------------------------------
Yth. Bapak Newbie [nama calon pemasang iklan]

Saya adalah A [nama Anda], saat ini tinggal di B [kota tempat tinggal Anda]. Saya menemukan alamat kontak Bapak dengan menelusuri iklan Bapak yang terpasang di blog C [nama blog tempat ia memasang iklan]. Saya menghubungi Bapak dengan maksud menawarkan pemasangan iklan di blog saya yaitu Blogsaya.com [nama blog Anda].

Sebagai informasi awal, blog saya bertopik D [topik blog Anda] dengan pengunjung 1.000 orang dan
page views 10.000 per hari [informasi trafik blog Anda]. Adapun spot iklan yang saya tawarkan berukuran 125x125 di sidebar atas dengan biaya Rp 75.000 per bulannya. Diskon 10 % jika Bapak memasang lebih dari 1 bulan. Keterangan lengkap mengenai hal ini, Bapak bisa melihatnya di halaman Pasang Iklan [link URL halaman pemasangan iklan blog Anda]. Demikian penawaran saya. Jika ada hal lain yang ingin Bapak tanyakan, silakan hubungi saya melalui email ini. Dengan senang hati saya akan meresponnya. Terima kasih atas perhatiannya. Salam, A [Nama Anda] ------------------------------------ Jangan kecewa jika email Anda tidak mendapat respon karena mungkin yang Anda hubungi sedang sibuk atau tidak tertarik dengan penawaran Anda. Namun, bila mereka tertarik dan positif ingin beriklan di blog Anda, bersegeralah untuk memasang banner iklan mereka. Itulah 4 tips sederhana yang saya lakukan untuk menggaet pemasang iklan di blog saya. Semoga bermanfaat. ----------------------------- .

2 Comentários:

Teja HTC mengatakan...

Nice Infonya Sob

Rosadtea mengatakan...

Keren gan, salam kenal

Posting Komentar

terimakasih atas kunjungan anda di blog saya. . . . ! ! ! !

berilah sedikit komentar untuk kenang-kenangan
thank you

 
Welcome to my site © Copyright 2010 | Design By ZONAKUERROR |